Senin, 15 Mei 2017

Resep bolu kukus

Bolu kukus warna warni pasti sudah sering anda lihat, mulai dari pasar tradisional hingga toko-toko kue bergengsi. Mulai dari varian tradisional hingga modern, bolu kukus masih memiliki banyak penggemar hingga saat ini. Produsen bolu kukus kini semakin kreatif menggunakan bolu kukus sebagai dasar dari kreasinya. Salah satu jenis bolu kukus tradisional adalah bolu kukus mekar. Bolu kukus mekar umumnya mudah untuk dibuat, hanya membutuhkan latihan dan ketelatenan untuk menghasilkan bolu yang mekar dengan sempurna.
Umumnya resep untuk membuat bolu kukus mekar menggunakan air soda sebagai pengembang, yang dipandang tidak sehat apabila dikonsumsi rutin oleh tubuh. Kali ini kami sajikan resep untuk membuat bolu mekar tradisional rasa coklat tanpa menggunakan soda, sehingga anda tak perlu kuatir untuk mengkonsumsi kue lezat ini. Selamat mencoba!
Resep Bolu Mekar Non Air Soda
 

Bahan-bahan
  • Telur ayam 1 butir
  • Gula pasir 150 gram
  • Cake emulsifier/SP ½ sdt
  • Baking powder double acting ½ sdt
  • Tepung terigu 150 gram
  • Susu cair 150 ml
  • Pasta coklat 1 sdt
Cara membuat
  1. Campur semua bahan kecuali pasta coklat, kocok hingga putih dan kaku
  2. Ambil ⅓ adonan, tambahkan pasta coklat. Aduk rata
  3. Masukan adonan dasar pada cetakan bolu kukus berlubang dengan alas cup kertas hingga ¾ tinggi cetakan. Tambahkan adonan coklat di atasnya
  4. Kukus dengan api besar hingga kue matang selama 20 menit. Angkat dan sajikan
Tips: Saat memasukkan terigu maupun lemak cair dalam adonan yang sudah mengembang, sebaiknya dimasukkan perlahan sambil diaduk menggunakan spatula dengan cara melipat, bukan diaduk, agar volume udara yang sudah terbentuk tetap terjaga.

0 komentar:

Posting Komentar